Festival Film Pelajar Krakatau 2012

Tag: festival film pelajar krakatau, festival krakatau, komunitas film pelajar

Logo FFPK 2012

FESTIVAL FILM PELAJAR KRAKATAU
Tingkat Nasional
Lampung, 10 – 11 Oktober 2012

Prolog

Krakatau adalah nama dari sebuah gunung di tengah laut di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang meletus dengan dahsyat pada tahun 1883. Gelombang Tsunami setinggi 40 meter meluluhlantakkan seluruh pantai. Material gunung setinggi 2000 meter berterbangan di langit selama 2 hari mengakibatkan kegelapan dimana-mana. Kedahsyatan letusan gunung Krakatau itulah yang saat ini diperingati dalam bentuk Festival Krakatau XXII yang merupakan sebuah pesta kebangkitan sekaligus dijadikan agenda wisata tahunan yang menampilkan aneka seni budaya khas Lampung.

Salah satu kegiatan Festival Krakatau XXII tersebut adalah Festival Film Pelajar Krakatau Tingkat Nasional 2012, yang dilaksanakan dan didedikasikan bagi komunitas dan karya film pelajar seluruh Indonesia, khususnya yang masih duduk di Sekolah Menengah Atas /Kejuruan /Madrasah Aliyah dan yang sederajat pada tahun 2012. Festival ini diselenggarakan oleh Komite Film DKL (Dewan Kesenian Lampung) dan didukung sepenuhnya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung dan TBL (Taman Budaya Provinsi Lampung).

Panitia membuka kesempatan bagi komunitas dan karya film pelajar di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi menjadi peserta. Panitia tidak menyajikan tema khusus untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi kelahiran dan perkembangan bentuk dan gaya film peserta. Krakatau yang menjadi bagian dari sejarah Indonesia maupun dunia merupakan spirit utama festival ini. Mari kita sambut bersama Festival Film Pelajar Krakatau Tingkat Nasional! Mari berkarya!

Tujuan dan Manfaat

1. Sebagai ruang apresiasi dan ekshibisi hasil kreativitas pelajar Indonesia di bidang seni film.
2. Meningkatkan kepedulian berbagai pihak dalam melestarikan senibudaya dan pariwisata melalui media film.
3. Mensosialisasikan Krakatau sebagai spirit kehidupan sosial budaya di kalangan pelajar di seluruh Indonesia
4. Mendukung kemajuan dunia perfilman Indonesia dan membina komunitas dan karya film pelajar Indonesia.

Rangkaian Acara

• Seminar Film Nasional; 10 Oktober 2012 di Taman Budaya Lampung
• Klinik Film; 10 Oktober 2012 di Lapangan Korpri
• Screening dan Dialog Film; 11 Oktober 2012 di Taman Budaya Lampung
• Awarding; 11 Oktober 2012 di Taman Budaya Lampung

Penyelenggara

Panitia Festival Film Pelajar Krakatau Tingkat Nasional 2012:
• Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung
• Taman Budaya Provinsi Lampung
• Dewan Kesenian Lampung

Sekretariat penyelenggara:
d/a Dewan Kesenian Lampung
Rumah Panggung Komplek LKDL, Jl. Sumpah Pemuda, PKOR Way Halim,
Bandar Lampung 35134 - Telp/Fax: 0721-703077 (Ijal)
CP: 0812 722 4178 (Ketua Panitia; Ch. Sapto Wibowo)
Email: filmpelajarkrakatau@yahoo.co.id - Website: www.filmpelajar.com

Peserta

Pelajar Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/Madrasah Aliyah serta yang sederajat se Indonesia

Kategori Karya

1. Fiksi (live action)
2. Dokumenter

Kriteria Karya

1. Tema bebas, tetapi tidak melecehkan (menghina) SARA (suku, agama, ras dan antargolongan). Krakatau bisa dijadikan spirit bangkit dari keterpurukan.
2. Durasi maksimal 10 menit (sudah termasuk pembuka dan penutup film).
3. Tahun produksi/pembuatan tahun 2011 –2012.
4. Karya dibuat oleh individu atau kelompok, dalam satu sekolah yang sama atau berbeda, dan dikirimkan atas nama sekolah yang diikuti sutradara.
5. Tim produksi adalah pelajar aktif (dibuktikan dengan hasil scan kartu pelajar).
6. Apabila karya menggunakan dialog/narasi bahasa daerah, maka harus diberi subtitle bahasa Indonesia.
7. Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya.
8. Karya yang pernah mengikuti festival lain, boleh diikutsertakan.
9. Film tidak berupa iklan layanan masyarakat, trailer film dan video musik.
10. Film utuh tanpa disertai potongan jeda untuk iklan.
11. Materi film (objek, musik, stock shot, dan lain-lain) tidak melanggar hak cipta. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap karya yang diikutkan dalam kompetisi bukan tanggung jawab panitia.
12. Karya dikirimkan paling lambat 5 September 2012 (cap pos).
13. Karya dikirimkan dalam bentuk format data AVI 1 buah dan DVD (PAL system) sejumlah 2 buah/copy, menggunakan casing dengan ukuran 18 x 26 cm, sampul diberi cover design, beserta formulir pendaftaran, biodata peserta, copy kartu pelajar, poster film dan foto pembuatan film / behind the scene.
14. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, kliping, grafis, dll) yang digunakan dalam film tidak boleh menggunakan milik orang lain, kecuali ada ijin tertulis dari pembuatnya (yang diberikan surat kuasa).
15. Hak cipta karya menjadi milik peserta. Penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh untuk kepentingan publikasi festival, khususnya untuk ditampilkan di situs www.filmpelajar.com sebagai official website.
16. Karya dan kelengkapannya yang tidak sesuai ketentuan akan didiskualifikasi.
17. Pengumuman Nominator 15 September 2012 melalui www.filmpelajar.com
18. Penjurian Film Terbaik di Taman Budaya Lampung 10 – 11 Oktober 2012
19. Keputusan juri adalah mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
20. Jika dikemudian hari terdapat bukti bahwa karya pemenang tidak asli, panitia berhak membatalkan dan menarik penghargaan yang sudah diberikan.
21. Hadiah Piagam Penghargaan, Trophy, dan Uang Pembinaan Film Terbaik 1, 2, 3 untuk kedua kategori.
22. Panitia menyediakan konsumsi sederhana dan penginapan (di Mess Taman Budaya Lampung, 10 - 11 Oktober 2012) untuk para nominator maksimum 3 orang. Tetapi panitia tidak menyediakan transportasi peserta.

Tim Seleksi Karya

1. Tommy W (IKJ)
2. Firdaus Rusmil (Komite Film DKL)
3. Sukri Alvian (Budpar)
4. Andreas Sitompul (Praktisi Film Dokumenter)
5. Hermansyah GA (Ketua PARFI Lampung)

Dewan Juri Utama

1. Subagjo Budisantoso, M.Sn. (Wakil Rektor IKJ – Jakarta)
2. Drs. Alexandri Luthfi, MS. (Dekan FSMR ISI – Yogyakarta)
3. Tomy Taslim (Pendiri dan pengelola www.filmpelajar.com)

Penghargaan

Masing-masing kategori akan dipilih 10 (sepuluh) nominasi terbaik dan kemudian ditentukan 3 (tiga) Pemenang Terbaik 1, 2, 3. Total penghargaan yang akan diberikan sejumlah 6 (enam) buah. Selain itu, dimungkinkan Dewan Juri memilih Film Favorit, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Kamerawan/ti Terbaik, Aktor dan Aktris terbaik.

AttachmentSize
Form Pendaftaran FFPK 2012.doc284.5 KB
TOR FFPK 2012.pdf151.71 KB
Karya Lolos Seleksi FFPK Lampung 2012.pdf136.61 KB
Karya Pemenang FFPK 2012.pdf10 KB

Comments

franky
Fri, 06/22/2012 - 20:07

mengamati perkembangan film pendek pelajar Indonesia, kita patut bangga dengan kemajuan yang cukup pesat dibanding generasi ketika saya maih duduk dibangku SLPT/ SLTA.
Film pendek sudah demikian akrab bagi para pelajar karena mudahnya peralatan pendukung saat ini.
Beberapa kali saya sempat menyaksikan karya pelajar SLTP Indonesia seperti dari Bandung, Purbalingga, Magelang, Banjarnegara dan kota2 di Jawa Tengah, saya rasa karya mereka cukup bagus dan layak disertakan dalam ajang Kompetisi Film Pelajar Indonesia. Tetapi di bberapa aturan kompetisi, agaknya karya dan semangat mereka terganjal aturan bahwa peserta adalah siswa SLTA.
Saya mengusulkan kepada Penyelenggara Festival Film Pelajar di seluruh Indonesia, agar dapat menambahkan siswa SLTP sebagai peserta dan festival film pelajar. Karena kegiatan festival film pelajar khusus SLTP saya kira sangat jarang, setahu saya hanya ada KWN dan KidsFfest. Saya punya keyakinan jika karya mereka diperbolehkan ikut, maka akan semakin membangkitkan film pendek pelajr Indonesia atau setidaknya ini akan memotivasi mereka dan siswa SLTP lainnya untuk turut mencoba berkarya, mengukur dan bersemangat dengan karya mereka.
Semakin banyak ruang berfestival, berkompetisi maka semakin besar energi siswa untuk termotivasi berkarya. Salam...

Tomy W. Taslim
Sun, 06/24/2012 - 10:07

Masukan yang menarik. Terima kasih teman :-)

AsykarCompany
Sat, 06/16/2012 - 14:02

pendaftaran

pendaftaran tidak dipungut biaya ? free ??

maaf tanya2 terus ya :D

Tomy W. Taslim
Sat, 06/16/2012 - 17:40

Ya. Gratis. Kalau masih kurang jelas bisa langsung email/telepon ke panitianya :-)

AsykarCompany
Sat, 06/16/2012 - 13:59

maaf saya mau tanya2 nih ..

hak cipta (musik,backsound,SFX) yang mengambil dari internet boleh diguakan ? bagaiamana ijinnya jika mereka pemiliknya dari luar negeri ?? bagaimana jika tidak ijin namun dicantumkan dalam credit (penutup) film yg akan dilombakan??

bukankah orang yang berani Upload materi di internet tuh dah tahu kalau resikonya akan menjadi 'free' (maksudku memang bukan semua tapi simpelnya, ehem .. internet=free)

kedua, apakah visual effect (ledakan,asap,muzzle flashes,dkk) yang digunakan dalam film termasuk film animasi ?? film fiksi di sini bebas animasi dan non-animasi kan ??? :D

mohon bantuannya .. terimakasih :D

Tomy W. Taslim
Sat, 06/16/2012 - 17:39

Sebaiknya menggunakan karya musik/efek suara bikinan sendiri, atau minta bantuan teman sekolah yang bisa diajak kerja sama. Bukankah sesederhana apapun karya kita kalau dibikin sendiri akan lebih memperkaya pengalaman daripada asal comot punya orang lain?

Mengambil data di internet ada aturan mainnya, ada etikanya, bahkan yang FREE sekalipun. Tidak mesti karya yang dipublikasikan ke internet yang upload pembuatnya. Sebaiknya hindari menulis sembarangan seperti: courtesy by... dst. Mari kita belajar menggunakan internet dengan bijak dan cerdas, bukan sekadar untuk copy paste dan semacamnya. Membiasakan hal ini tidak mudah, tetapi juga bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Mari belajar bersama menghargai proses, bukan semata hasil..

Tentang pengertian fiksi (live action), saya kira sudah jelas. Yaitu produksi film yang menggunakan elemen aksi manusia berikut perkembangan ceritanya. Walaupun pengertian ini tidak tepat-tepat amat, tetapi bisa menjadi rujukan awal. Penggunaan efek visual tentu saja diperbolehkan.

Tomy W. Taslim
Fri, 06/15/2012 - 13:10

Terima kasih atas koreksinya. Tanggapan ini mungkin membantu maksud/tujuan panitia dalam menyusun TOR dan lainnya. Ukuran casing memang tidak pasti sama karena di pasaran beragam bentuk dan ukurannya. Jadi, pada dasarnya tidak masalah menggunakan casing dengan ragam bentuk dan ukuran. Panitia sepertinya bertujuan untuk menekankan pentingnya penggunaan casing yang cukup baik agar DVD tidak mudah tergores/cacat fisiknya (termasuk panitia FFPJ yang mengoreksi ukuran casing).

Mengenai TOR secara keseluruhan, panitia dari teman-teman Lampung secara khusus bekerja sama dengan filmpelajar.com, yang juga berjejaring dengan FFPJ. Kalau ada kemiripan pasti tidak dimaksudkan untuk copy paste. Di awal TOR sudah jelas bahwa FFPK adalah bagian dari Festival Krakatau, yang memiliki semangat tertentu.

Terima kasih atas catatannya dan akan disampaikan ke panitia untuk koreksi. Untuk teman-teman yang lain tidak perlu sungkan untuk berkomentar dan memberikan masukan kritisnya :-)

Salam komunitas dan karya film pelajar Indonesia! :-)

Agus Nuryaman
Fri, 06/15/2012 - 06:05

maaf, sekedar saran / kritik...

kalo bikin TOR festival jangan copy paste terus latar belakang dan persyaratannya...
okelah kalo sama tak apa-apa,,,tapi jika ada yang salah, kenapa tidak diperbaiki ??

di TOR FFPJ tahun lalu ukuran casing 8 x 11 cm...saya gak ngerti, diameter DVD aja 12 cm.
lalu kang Tomy meralat menjadi 18 x 26 cm...(yang tersedia di tasik lebar 13 cm, panjang/tinggi 18.5 cm dan tebal ada yang 0.5 dan 1 cm.

kenapa di TOR yang ini muncu lagi Casing 8 x 11 cm ??
kelihatan banget copy paste nya....
kenapa tidak survey dulu sebelum bikin sesuatu ?

sekali lagi maaf...